National ICT
e-Learning e-Library
HOME | CONTACT US |

NEWS

Home > Customer Center > NEWS
Title   Pelatihan dan Sertifikasi SKKNI Tingkat Advance
Writer  Tariq Yazid Hits : 515    date / time : 2017.08.14 06:14

Balai Pelatihan dan Riset TIK (BPRTIK) Kementerian Komunikasi dan Informatika telah mengadakan pelatihan dan sertifikasi SKKNI Bidang Operator Komputer Junior, Technical Support, Network Administrator dan Design Grafis Bagi Angkatan Kerja Muda pada tanggal 8-10 Agustus 2017.

Program kegiatan Kominfo ini diikuti oleh 100 orang peserta yang terbagi menjadi dua tingkatan, yaitu tingkatan dasar atau junior dan tingkatan menengah atau advance. Pada tingkatan junior, bidang pelatihan Operator Komputer Junior diikuti oleh 40 peserta dan pada bidang Junior Technical Support diikuti oleh 28 peserta. Untuk tingkatan advance yang terdiri dari bidang Desain Grafis yang diikuti oleh 19 orang peserta dan dan Network Administrator yang diikuti oleh 13 orang peserta.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bapak Dr.Ir.Basuki Yusuf Iskandar,MA selaku Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo. Dalam pembukaan acara dihadiri juga oleh Ibu Ir. Sri Cahaya Khoiruni yang menjabat sebagai Sekretaris Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo dan Bapak Dimas Anindityo sebagai Koordinator BPRTIK Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Dalam sambutannya, Bapak Basuki membahas mengenai bagaimana budaya kompetisi dapat mendukung Indonesia dalam menyambut era dimana kompetisi yang ketat seperti saat ini. Di Indonesia, budaya yang sangat kuat hidup dalam masyarakat adalah budaya kolektif yang dimana budaya ini merupakan budaya yang mengusung kebersamaan dan gotong royong di masyarakat, namun budaya kolektif ini juga harus diimbangi dengan budaya yang lebih individual. Budaya inilah yang dapat membantu masyarakat Indonesia untuk mengembangkan kemampuan individual.

Beliau menanmbahkan, SKKNI ini sebagai standard untuk mengembangkan sumber daya manusia, dari SKKNI inilah kemampuan dari sumber daya manusia yang ada di Indonesia dapat diukur. Selain itu SKKNI juga bertujuan untuk menutup jarak yang ada diantara dunia industri dan pendidikan di Indonesia, karena selama ini banyak pelaku-pelaku industri yang mengeluhkan hasil dari dunia pendidikan yang tidak siap untuk dunia kerja. Tidak hanya itu, SKKNI ini juga ada untuk mengantisipasi perkembangan dunia kerja Indonesia selanjutnya, yang dimana nantinya akan ada kebutuhan khusus yang lebih spesifik yang dicari oleh industri, sehingga daya saing dari tenaga kerja Indonesia yang meningkat ini dapat membantu bangsa Indonesia untuk bersaing dengan bangsa lain.

Hari terakhir kegiatan ditutup dengan paparan dan diskusi tanya jawab dengan tema ”Tantangan dan Dampak MEA bagi Angkatan Kerja Muda” oleh Anggota DPR RI komisi 1, Bapak Yayat Y Biaro pada tanggal 10 Agustus 2017. Dalam acara penutupan dihadiri juga oleh Ibu Ir. Sri Cahaya Khoironi dan Bapak Dimas Anindityo.

 

NICT ID
  Forgot your ID?
Password
  Forgot Password?
Remember Me

Customer Center